Hipmi Sumbar Ajak Anak Muda Jadi Pengusaha

HIPMI SUMBAR
Senin, 27 Mei 2019 | 06:15 WIB
image

Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumbar mencanangkan berbagai program kerja. Salah satunya mengajak anak muda untuk menjadi pengusaha. Hal ini disampaikan Ketua Umum BPD Hipmi Sumbar, Iqra Chissa saat acara talk show kewirausahaan dan penutupan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Hipmi Sumbar di STKIP PGRI Sumbar. Ia menyampaikan, ke depan Hipmi akan fokus ke kabupaten/kota untuk menciptakan pengusaha muda.

"Jadi dari hasil rakerda, kami akan lebih fokus ke daerah-daerah untuk bagaimana bisa merubah pola pikir dari anak muda yang memprioritaskan untuk jadi PNS setelah tamat. Pola pikir itu akan diarahkan kepada menjadi pengusaha," katanya.

Salah satu caranya dengan melakukan talk show kewirausahaan dengan pesertanya dari mahasiswa, di mana pada talk show pertama minggu lalu dihadiri sekitar 3.500 mahasiswa. Untuk talk show kedua ini akan lebih fokus pada ekonomi digital.

"Hari ini (kemarin,red) ada sekitar 2.500 mahasiswa yang telah mendaftar, karena memasuki era revolusi industri 4.0, maka kami sengaja hadir pakar bisnis digital sebagai pemateri," katanya.

Jadi melalui kegiatan ini, Iqra Chissa mengajak mahasiswa untuk merubah pola pikir sebagai wirausaha tidak lagi PNS. Ditambah lagi dengan kondisi zaman saat ini, di mana pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh manusia diganti dengan teknologi.

"Ini tantangan dan peluang bagi kita generasi muda, bagaimana bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan perekonomian," katanya.

Sisi lain dari hasil rakerda juga, Hipmi akan menciptakan satu nagari satu pengusaha dengan program tersebut diharapkan akan lahir pengusaha-pengusaha sukses dari seluruh nagari di Sumbar.

"Kami akan lakukan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dalam pengembangan dan penerapan sistem teknologi dalam usaha yang dikelolanya. Selama ini memang Bumnag itu telah ada yang berjalan di nagari di Sumbar. Namun perlu sinergitas dengan semua kalangan demi kemajuannya tersebut," katanya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menghadirkan empat orang pemateri, yaitu Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago, Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, pakar ekonomi digital Muhammad Hafidullah dan pakar konten kreator Arif Muhammad.

Hipmi Sumbar saat ini tengah menyiapkan satu aplikasi yang akan menghimpun seluruh pengusaha muda di Sumbar beserta dengan profil perusahaan masing-masing. Hal ini tentunya akan menjadi wadah untuk pengusaha untuk saling berbagi berbagai kebutuhan bisnis.